Tiada Hari Tanpa Kasih Sayang

SPEAK YOUR MIND

Dalam Islam tiada hari tanpa kasih sayang, karena Islam adalah agama kasih sayang. Umat Islam tidak pernah kekurangan kasih sayang, karena mereka memiliki Allah sebagai Tuhan Yang Maha Penyayang.

Nabi Muhammad diutus untuk menebar kasih sayang melalui Islam, agama yang berintikan kasih sayang. Sesama muslim juga wajib saling memberi kasih sayang setiap saat. Jadi, umat Islam itu tidak miskin kasih sayang. Itulah sebabnya Islam mengharamkan perayaan valentine.

Merayakan hari kasih sayang hanya setahun sekali merupakan hal yang aneh. Bicara tentang kasih sayang, lucu sekali dirayakan setahun sekali. Itu tradisi orang yang miskin kasih sayang, sehingga stres mencari kasih sayang.  Valentine adalah tradisi yang tidak boleh ditiru atau diikuti oleh umat Islam.

Karenanya seluruh generasi muda Islam agar selektif dalam berinteraksi dengan budaya atau tradisi apa pun. Salah satunya adalah tradisi valentine seperti memberi bunga atau coklat. Jika bertentangan dengan Islam wajib ditolak, bukan dicoba.

Tradisi valentine tidak hanya merusak aqidah tetapi juga mengikis jiwa kebangsaan.  Valentine memang sering dikatakan sebagai budaya barat yang merugikan, tetapi faktanya lebih dari itu.

Sebagai bangsa yang terdiri dari beragam suku, Indonesia cenderung mudah menerima perbedaan dan menjunjung tinggi nilai toleransi. Namun valentine bukanlah budaya yang pantas untuk diadopsi melainkan sebuah penyimpangan. Kita toleransi terhadap perbedaan, tapi harus tegas terhadap penyimpangan. [] RB

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *