Metode Belajar Efektif (Penting!)

SPEAK YOUR MIND

belajar-efektif

        Agar hasil belajar lebih memuaskan, maka seorang pelajar perlu memperhatikan adab-adab dan metode dalam belajarnya. Di antara metode belajar yang baik adalah sebagai berikut:

A.  MEMBACA

            Membaca adalah kemampuan dasar yang dapat membantu Anda untuk memahami pelajaran. Dengan banyak membaca Anda akan semakin banyak menyerap pengetahuan, wawasan dan kosa kata. Ada beberapa petunjuk yang harus Anda perhatikan di dalam aktivitas belajar. Di antaranya:

  1. Bacalah pelajaran terlebih dahulu, sekali dua kali atau lebih. Di sini di perlukan perhatian yang serius dan kehati-hatian anda dalam membaca.
  2. Tulislah kalimat-kalimat atau rangkaian kata yang belum Anda mengerti pada buku catatan dan carilah keterangan melalui literature yang dimiliki atau Tanya langsung, melalui surat/telepon/fax kepada ahlinya.
  3. Kembangkanlah satu rangkaian kalimat yang difahami dengan keterangan-keterangan yang pernah didengar, dibaca dan dipelajari, atau pemahaman-pemahaman yang pernah diketahui dengan membuat pertanyaan-pertanyaan pokok, antara lain: dimana, kapan, apa, bagaimana, kenapa, siapa dan lain-lain.

2. MENULIS

         Tulisan merupakan modal penting dalam belajar. Anda harus rajin menulis setiap hari dari pelajaran-pelajaran yang telah Anda terima dengan memuat materi-materi penting, membaca disertai menulis membantu anda untuk lebih memahami pelajaran.

3. MENGHAFAL

        Menghafal sangat penting dalam menentukan kesulitan belajar. Untuk itu kita harus berusaha mengatur situasi-situasi dan kondisi yang dapat memudahkan kita untuk menghafal pelajaran. Di antaranya:

  1. Tentukanlah waktu dan kondisi yang baik untuk menghafal seperti menjelang subuh, di dalam masjid atau di dalam kamar belajar yang memenuhi syarat.
  2. Hafalah ayat-ayat penting atau hadits-hadits yang shahih dalam satu masalah secara lengkap. Artinya himpunlah ayat-ayat atau hadits dalam satu bahasa tersebut pada buku catatan, lalu urutlah untuk menghafalnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *