Mengobati Penyakit Was-Was

SPEAK YOUR MIND

Assalamualaikum, pak ustad kenapa ya klo pas wudhu kadang saya harus berkali-kali wudhu, sy sering merasa ada yang keluar dari dubur, rasanya jadi berat gitu kalau wudhu tuh, karena kebayang harus mengulang-ngulangnya,  apa ya pak ustad obatnya?

(Adina, Cibinong)

Jawaban:

Wassalamu’alaikum Adina di Cibinong dan pembaca RB dimanapun berada, Salah satu diantara senjata iblis untuk merusak manusia adalah penyakit was-was. Penyakit ini dia sematkan di hati hamba Alloh untuk menimbulkan keraguan.

Penyakit was-was bisa dengan mudah menggiring seorang muslim untuk mengulang-ulang ibadahnya.

Ada yang mandi besar sampai sekitar 1 jam, ada yang mengulang-ulang gerakan wudhu karena merasa ada bagian yang kering, ada yang berwudhu berkali-kali karena merasa ada yang keluar dari dubur.

Ada yang buang air kecil setengah jam karena merasa tidak tuntas, ada yang gonta-ganti celana karena merasa ada yang menetes, ada yang mengulang-ulang takbiratul ihram karena merasa belum niat, dst.

Apa tujuan setan menimbulkan penyakit was-was ini?

Nabi Muhammad shallahu’alaihi wa sallam  bersabda,

 

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلَّا غَلَبَهُ

Sesungguhnya agama itu mudah, tidaklah seseorang memberat-beratkan dirinya dalam beragama kecuali dia akan terkalahkan.”

 

Karenanya, Kemungkinan besar, tujuan syetan menimbulkan penyakit was-was kepada seseorang adalah agar orang itu merasa bosan dan keberatan dalam melakukan ibadah itu, kemudian dia tinggalkan.

Ada beberapa saran yang disampaikan ulama untuk mengobati penyakit was-was ini yaitu :

 

Pertama, Tidak peduli dan mengambil sikap kebalikannya

Obat yang paling mujarab untuk menghilangkan was-was adalah sikap tidak peduli. Tidak mengambil pusing setiap keraguan yang muncul.

Misalnya, seorang berwudhu, kemudian muncul keraguan seolah ada yang keluar dari dubur. Untuk mengobati was-was ini, keraguan itu tidak perlu dia perhatikan dan dia yakini wudhunya sah dan dia tidak kentut dan tidak batal sedikitpun.

Nabi Muhammad bersabda,

لاَ يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

Janganlah dia membatalkan shalatnya, sampai dia mendengar suara kentut atau mencium baunya.”

 

Kedua, Terus Berlatih dengan Sabar.

Untuk bisa menghilangkan penyakit was-was ini, tidak mungkin hanya dilakukan sekali. Perlu banyak latihan dan bersabar untuk selalu cuek dengan keraguan yang muncul. Sampai gangguan itu betul-betul hilang.

 

Ketiga, banyak berlindung dari godaan setan

Karena godaan ini bersumber dari setan, obat yang tidak kalah penting, banyak berlindung dari godaan setan.

Nabi Muhammad bersabda,

فَإِذَا أَحْسَسْتَهُ فَتَعَوَّذْ بِاللهِ مِنْهُ،

 

Jika engkau merasa sedang digoda setan maka mintalah perlindungan kepada Alloh darinya.” (HR. Muslim)

 

Keempat, pelajari cara ibadah yang benar.

Orang  yang memahami tata cara ibadah dengan benar, Semua yang akan dia lakukan, telah disesuaikan dengan standar sunnah yang dicontohkan Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam. Sehingga dia bisa sangat yakin, bahwa amal ibadah yang dia lakukan telah benar.

 

Disamping semua usaha diatas, jangan lupa banyak berdoa kepada Alloh, memohon dengan bahasa yang anda pahami, agar Alloh membebaskan anda dari penyakit was-was ini. Wallohu A’lam.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *