Ada Surga di Setiap Sujudmu

SPEAK YOUR MIND

pesan dakwah crb36

Sahabat CRB yang berbahagia . . .

   Mari kita mengkaji sebuah peribadatan agung yang diperintahkan langsung kepada kita semua melalui panutan kita kholilulloh, Nabiyulloh dan habibulloh Muhammad ﷺ ketika Mi’raj yakni sholat lima waktu.

   Sholat adalah ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbiratul ihrom dan diakhiri dengan salam. Sholat memiliki kedudukan yang agung dan sangat mulia disisi Alloh ﷻ bahkan amalan inilah hal pertama kali yang akan dipertanyakan di akhirat kelak.

   Sholat adalah sarana untuk menggapai ridho Alloh ﷻ dan surga-Nya. Sholat laksana mata air jernih yang mengalirkan keteguhan, kekuatan dan kasih sayang Alloh ﷻ dengan sangat deras kepada seseorang, kemudian deras mata air itu seraya menggugurkan kotoran dosa dan kesalahan seorang hamba tersebut. Hal ini sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rosululloh ﷺ;

“Perumpamaan sholat lima waktu laksana sungai yang mengalir deras di depan pintu seorang diantara kalian. Lalu dengan aliran air itu ia membersihkan dosa-dosa dari dirinya setiap lima kali sehari.” Kemudian Al Hasan R.A berkata: “Lantas, adakah kotoran dosa yang masih tersisa?” (HR. Muslim)

Sahabat CRB yang berbahagia . . .

   Adapun jika seseorang meninggalkan sholat maka ia telah berbuat kemaksiatan yang besar dan kelak ia akan mendapatkan kerugian di dunia dan di akhirat. Di dunia ia akan disisipkan kesengasaraan rohani dan di akhirat akan mendapat adzab yang pedih. Bahkan inilah salah satu sebab yang menjadikan seseorang akan masuk neraka Saqor. Dalam Q.S Al Mudatstsir (74) ayat 42 sampai 43 Alloh ﷻ secara tersurat membahas tragedi ketika penghuni surga bertanya kepada penghuni neraka.

(Penghuni surga bertanya): “Apakah yang menyebabkan kalian menjadi penghuni neraka Saqor ini?”

Penghuni neraka menjawab: “Sungguh dahulu kami adalah orang-orang yang tidak menunaikan sholat.”

   Kelak orang-orang yang meninggalkan sholat akan di satukan dengan orang-orang kafir kelas kakap pada masa lalu seperti Fir’aun, Haman, Qorun, yang telah dilaknat oleh Alloh ﷻ. Sebagaimana sabda Nabi ﷺ:

“Barangsiapa yang bisa menjaga sholat, maka kelak ia (sholat) akan menjadi cahaya, bukti dan keselamatan baginya pada hari kiamat. Namun barangsiapa tidak menjaga sholat, maka tidak akan ada cahaya, bukti dan keselamatan baginya. Dan pada hari kiamat ia (yang tidak menunaikan sholat) akan bersama Qorun, Fir’aun, Haman dan Ubay bin Khalaf.”

   Maka marilah kita menjaga sholat kita dimanapun kita berada dan bagaimanapun keadaan kita. Jangan sampai kita melalaikannya apalagi meninggalkannya. Semoga Alloh ﷻ menjaga keistiqomahan hati kita diatas agama-Nya dan membimbing kita diatas rahmat dan kasih sayang-Nya dalam menjalankan syari’at-Nnya. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin. . .

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *