‘Aku Sangat Beruntung’

SPEAK YOUR MIND

Sahabat CRB yang mudah-mudahan dirahmati Alloh subhanahu wa ta’ala, apa kabar kamu sekalian?

Ka EL lihat berita online pagi ini agak kaget, pasalnya memang ‘kan ya sebagai orang yang beriman atau mukmin hendaknya mengukur segala apa yang dilihat dan didengar dengan timbangan syari’at, tul ngk?

Kanye West, seorang yang terkenal sebagai Rapper asal Amerika tengah memposting gambar bugil istrinya di Twitter dengan kicauan rasa syukurnya, “Aku sangat beruntung.”

Pertanyaannya, bentuk syukur yang seperti apa? Keberuntungan seperti apa?

Bukankah kita ingat hadits dari Rosululloh sholallohu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Ada tiga orang yang Alloh tidak akan melihatnya pada hari kiamat: orang yang durhaka kepada kedua orangtuanya, wanita yang menyerupai laki-laki dan dayuts.” (HR. An-Nasa’i dan Ahmad)

Sebagaimana ditulis dalam berita online tersebut bahwa Kanye West tak pernah ragu untuk mengungkapkan cintanya kepada sang istri, Kim Kardashian. Sang rapper mengungkapkan rasa syukurnya karena merasa beruntung memiliki istri seperti Kim, sang bintang reality show di Twitter.

Kalian tahu ‘kan dayuts dalam hadits nabi di atas? Menurut Kamus Al-Misbah, dayuts adalah laki-laki yang tidak memiliki rasa cemburu terhadap istrinya. Adapun bentuk perbuatan diyatsah atau sikap laki-laki dayuts adalah membiarkan istrinya tidak menutupi aurat.

Menutup aurat adalah wajib. Tidak ada satu pun ulama yang mengingkari kewajiban menutup aurat. Sedangkan aurat wanita menurut jumhur ulama adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Persis sama dengan yang wajib ditutup saat shalat.

Rambut termasuk aurat, maka menutupinya dengan kerudung atau jilbab adalah wajib bagi seorang muslimah. Jika ada seorang laki-laki yang membiarkan istrinya, anak perempuannya atau mereka yang menjadi tanggungannya tidak menutup aurat, maka ini termasuk perbuatan diyatsah atau laki-laki dayuts.

Ada pula laki-laki yang membiarkan istrinya bukan hanya tidak berjilbab, tetapi juga membuka sebagian anggota tubuhnya dengan memakai t-shirt, tank top, rok pendek, hot pan, dan sejenisnya yang membuka banyak aurat dan memancing syahwat laki-laki. Laki-laki seperti ini, ia semakin dekat dengan status dayuts. Apalagi jika laki-laki itu malah menyuruh istrinya melepas jilbab, berarti ia semakin dekat lagi dengan dayuts.

Tingkatan yang lebih parah, jika laki-laki menyuruh istrinya memakai pakaian yang memperlihatkan lebih banyak auratnya kemudian merasa bangga bahkan dengan ‘bersyukur’ memposting gambar istrinya yang tidak mengenakan sehelai kainpun di internet. Na’udzubillahi min dzalik

Memang boleh jadi,  sang rapper dan sang bintang di atas bukan standar contoh untuk kasus yang disebutkan hadits nabi tentang dayuts, karena mereka bukan seorang mukmin dan muslimah. Tetapi melihat kebanyakan pemuda-pemudi justru menggemari artis-artis semisal mereka, maka inilah yang menjadi titik poin yakni agar seseorang meneladani orang yang tepat dan benar yang dapat lebih menguatkan keyakinan sebagai seorang muslim sehingga dapat menjaga batasan-batasan syari’at dan meraih kebahagiaan dan keberuntungan di dunia maupun di akhirat, bertemu dengan Alloh subhanahu wa ta’ala, memandang wajah-Nya yang mulia.

Jangan justru sampai bablas membiarkan aurat terbuka yang memancing syahwat laki-laki sehingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang membuat malu diri kita dan juga keluarga, seperti hamil di luar nikah. Ih.. ngk banget deh! Tentu berbeda dengan yang bukan mukmin dan muslimah sebagaimana Kanye West dan Kim Kardashian yang menikah tahun 2014 di Italia namun sebelumnya telah ‘dikarunia’ seorang putri yang lahir di tahun 2013. Wallohu a’lam

(Ka El – 0812 8296 8984)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *