Bahaya Miras dan Narkoba

9 Comments

pesan dakwah crb33

   Miras (minuman keras) dan narkoba (narkotika dan obat-obatan berbahaya) merupakan dua musuh utama umat manusia. Tidaklah satu bangsa terserang miras dan narkoba melainkan bangsa itu akan hancur dan binasa. Bukan hanya umat Islam yang secara sungguh-sungguh memerangi miras dan narkoba, orang-orang kafir pun juga getol memberantas keduanya.

   Memang kedua jenis benda tersebut merupakan sarana efektif bagi setan untuk menjerumuskan manusia ke dalam api neraka. Tidak salah jika keduanya dijuluki biang keladi dari dari berbagai kejahatan di masyarakat kita. Ironisnya hari ini barang berbahaya tersebut merebak di tengah masyarakat Islam terutama kawula muda.

   Dalam rangka menjaga kemaslahatan manusia, jauh hari Islam telah mengharamkan seluruh yang memabukan dengan segala jenisnya. Nabi ﷺ bersabda: “Setiap yang memabukkan adalah khomr, dan setiap yang memabukkan adalah haram.” [HR. Muslim]

   Jadi, setiap yang memabukkan adalah haram hukumnya meskipun namanya berbeda-beda, baik sedikit ataupun banyak jumlahnya. Selain haram, mengkonsumsi miras juga adalah satu perbuatan yang dilaknat oleh Alloh ﷻ sebagaimana yang telah tercantum dalam sebuah hadits:

“Rosululloh melaknat sepuluh orang yang berkenaan dengan khomr (miras); Orang yang memerasnya, orang yang meminta diperaskan, peminumnya, pembawanya, yang dibawakan untuknya, penuangnya, penjualnya, yang memakan hasilnya, pembelinya dan yang meminta dibelikan.” [HR. Tirmidzi]

   Adapun narkoba, tidak diragukan lagi ia juga termasuk dari bagian dari barang yang memabukkan dan berbahaya. Bahkan ia merupakan zat perusak dan pembunuh. Secara medis, racun mematikan yang dikandung narkoba sudah berhasil dibuktikan dan telah banyak memakan korban. BNN (Badan Narkotika Nasional) sendiri merilis data beberapa tahun yang lalu tentang angka kematian pecandu narkoba di Indonesia. Rata-rata ada 15.000 nyawa yang melayang direnggut oleh narkoba setiap tahunnya di Indonesia. Sungguh kematian yang sia-sia dan mengerikan. Tentu ini merupakan pembantaian generasi sekaligus penjajahan bangsa, Nio-kolonialisme dengan wajah lain. Ada segudang derita di balik peredaran narkoba.

   Kaum Muslimin yang dirahmati Alloh ﷻ, bahaya miras dan narkoba memang harus selalu diwaspadai bersama. Terutama bagi kalangan pelajar yang merupakan aset besar masa depan bangsa. Jika kita lengah, mafia miras dan narkoba siap menjaring generasi kita. Kita semua harus ikut mendukung dan berpartisipasi terhadap program kebaikan dalam menjaga generasi kita dari bahaya miras dan narkoba. Semoga Alloh ﷻ menyelamatkan generasi bangsa kita dari bahaya miras dan narkoba. Aamiin.

9 comments
  1. Semoga kita dijauhkan dari barang-barang haram tersebut. Aamiin. . .
    Syukron. Sangat bermanfaat . ..

  2. Betul tuh. Miras dan Narkoba itu wajib dijadikan sebagai Common Enemy (musuh bersama). Terimakasih Admin. Baarokallohu fiik. Semangat!

  3. Aamiin.
    Saya sudah baca-baca proker dan kegiatan Yayasan CRB. Subhanallah bagus sekali. Bisa tidak saya bergabung dengan Yayasan CRB?
    Mohon ditanggapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *